Cara Menumbuhkan Anggrek Dengan Cepat

Keindahan mekar ini mungkin tampak menantang untuk tumbuh karena mereka seringkali membutuhkan perawatan yang berbeda dari banyak tanaman hias lainnya. Tetapi begitu Anda mengetahui dasar-dasarnya, Anda dapat menjaga agar tanaman cantik ini tumbuh subur dengan percaya diri.

 Cara Menumbuhkan Anggrek Dengan Cepat


Anggrek memiliki reputasi sebagai tanaman hias yang tangguh. Tentu, mereka mungkin memerlukan campuran pot khusus dan sejumlah air untuk berkembang, tetapi kelompok tanaman yang besar dan beragam ini mencakup banyak spesies yang mudah tumbuh di dalam ruangan. Dan sebagai imbalan atas upaya Anda untuk menyediakan apa yang mereka butuhkan, mereka akan menghadiahi Anda dengan bunga-bunga mereka yang tampak eksotis untuk tahun-tahun mendatang. Untuk membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri dalam merawat tanaman berbunga yang indah ini, kami mengumpulkan beberapa tip terbaik kami untuk membuatnya tetap bahagia dan sehat, termasuk cara menyiram anggrek, cara memupuknya, dan campuran pot apa yang akan digunakan.

Cara Menyiram Anggrek

Penyebab kematian anggrek yang paling umum (dan sebagian besar tanaman hias) biasanya karena terlalu banyak air. Daripada menyiram tanaman Anda dengan jadwal yang ketat (dua hari sekali, atau seminggu sekali, misalnya), perhatikan kebutuhan anggrek Anda dan seberapa banyak air yang digunakannya. Ini dapat bervariasi berdasarkan kelembapan, cahaya, pergerakan udara, dan campuran media pot tempat akarnya tumbuh.

Baca : Cara Merawat Bunga Anggrek

Jawaban mudah kapan harus menyiram sebagian besar anggrek (termasuk Phalaenopsis dan Cattleya) adalah sebelum mengering. Bisa setiap beberapa hari, atau bahkan setiap beberapa minggu tergantung pada spesies anggrek dan lingkungan di rumah Anda. Media pot yang Anda gunakan berperan penting dalam menentukan jumlah air yang dibutuhkan anggrek Anda — kulit kayu cepat kering, sementara lumut menyerap air dan menahannya untuk waktu yang lama.

Untuk mengetahui apakah sudah waktunya untuk penyiraman, masukkan jari Anda ke dalam campuran pot, lalu tarik keluar dan gosokkan jari Anda. Anda seharusnya dapat dengan mudah merasakan jika ada kelembapan. Jika tidak merasakan apapun, sekarang saatnya menyirami anggrek Anda, dan jika jari-jari Anda terasa lembab, periksa lagi di lain waktu. Seiring waktu, Anda akan mulai merasakan seberapa sering anggrek Anda biasanya membutuhkan air, dan bagaimana kondisi seperti perubahan musim dapat memengaruhi frekuensi. Anda juga akan mulai mengembangkan "perasaan" tentang seberapa ringan pot saat kulit kayu atau lumut kering, yang merupakan cara praktis lain untuk mengetahui apakah anggrek Anda perlu minum.

Menyiram sesederhana menuangkan air ke dalam campuran pot, dan membiarkan kelebihan air mengalir ke dasar pot. Pastikan Anda memasukkan anggrek ke dalam wadah yang memiliki lubang drainase. Jauh lebih sulit untuk menyiram tanaman dalam wadah tanpa drainase karena air dapat terkumpul di bagian bawah, jadi jika pot Anda tidak memiliki lubang (atau beberapa), pertimbangkan untuk merepoting atau mengebor sendiri.

Kiat Editor: Terkadang Anda dapat menemukan pot plastik bening untuk dijual secara daring atau di pusat taman. Saat lumut dan kulit kayu lembab, Anda akan melihat kondensasi di bagian dalam pot. Saat sudah kering, Anda tidak akan mau, dan Anda akan tahu sudah waktunya menyiram.

Cara Memilih Campuran Pot Anggrek

Campuran pot memainkan peran besar dalam seberapa sering Anda perlu menyiram anggrek. Biasanya, anggrek ditanam dalam pot sphagnum moss atau serpihan kulit kayu, yang keduanya bekerja dengan baik tetapi membutuhkan perawatan yang sedikit berbeda. Lumut bertindak seperti spons, menyerap air dan membutuhkan waktu lama untuk mengering. Karena ia akan bertahan pada kelembapan untuk beberapa saat, Anda bisa menunggu lebih lama di antara penyiraman, tetapi lumut juga kurang memaafkan jika Anda menyirami anggrek Anda. Kulit kayu tidak menahan banyak air dan cepat terkuras, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk anggrek seperti Phalaenopsis dan Cattleya yang perlu mengering di antara penyiraman.

Tanaman anggrek lain seperti lady's slipper dan nun's orchid lebih menyukai kelembapan, dan akan lebih baik jika Anda tidak membiarkannya mengering. Lumut adalah pilihan yang baik untuk spesies ini karena lumut akan memberi mereka kelembapan untuk jangka waktu yang lebih lama di antara penyiraman. Anda juga bisa menanam anggrek penyuka air ini pada kulit kayu bertekstur halus, tetapi tetap tidak akan tahan lembab selama lumut, jadi Anda harus lebih sering menyiramnya.

Bahan pot Anda pada akhirnya akan mulai membusuk, terutama kulit kayu. Anda harus merepoting anggrek Anda dengan kulit kayu baru setiap satu atau dua tahun, karena anggrek tidak akan mengalir secepat terurai. Buang anggrek dari kulit kayu yang lama (yang bisa Anda lemparkan ke tumpukan kompos Anda!), Dan potong akar yang mati. Anda akan dapat melihat akar yang mati dengan segera — akar tersebut akan berwarna gelap dan layu, dibandingkan dengan akar yang sehat dan keras dan berwarna terang. Tempatkan kembali anggrek ke dalam pot (atau direpoting) dan isi ulang dengan kulit kayu baru.

Cara Memupuk Anggrek

American Orchid Society merekomendasikan memberi makan tanaman Anda secara teratur dengan pupuk 20-20-20 dengan sedikit atau tanpa urea. Rekomendasi lain adalah memberi pupuk dengan seperempat kekuatan, pupuk yang larut dalam air setiap kali Anda menyiram tanaman. Itu berarti gunakan hanya ¼ dari jumlah yang direkomendasikan label, dan campur dengan air. Anda bisa memberikan campuran ini ke anggrek Anda setiap minggu (meski lebih baik kurang pemupukan daripada pemupukan berlebihan). Selain itu, pastikan campuran media tanam sedikit lembap sebelum pemupukan karena dapat membakar akar jika benar-benar kering.

Berapa Banyak Cahaya yang Dibutuhkan Anggrek?

Dari perspektif tanaman, rumah biasanya memiliki cahaya redup, jadi Anda biasanya lebih beruntung dengan varietas anggrek yang mentolerir tingkat cahaya rendah. Jendela yang menghadap ke timur adalah tempat yang bagus untuk anggrek; jendela menghadap ke selatan yang tidak disaring bisa menjadi sedikit terlalu terang dan panas, tetapi tirai tipis dapat menambahkan jumlah penyaringan yang tepat. Anda juga dapat mengatur anggrek dari jendela beberapa meter sehingga tidak terus-menerus dalam cahaya tidak langsung yang kuat.

Jendela yang menghadap ke barat biasanya terlalu panas untuk anggrek, tetapi dengan beberapa penyaring (tirai tipis lagi), Anda terkadang dapat membuatnya berfungsi. Kami tidak menyarankan untuk mencoba jendela yang menghadap ke utara, karena biasanya terlalu redup agar anggrek berhasil.

Anggrek Anda tidak harus direkatkan ke tempat yang sama! Jika Anda ingin menggunakan anggrek yang sedang mekar sebagai centerpiece meja atau pajangan di tempat lain selain ambang jendela, tidak ada salahnya untuk memindahkannya. Bawa saja kembali ke tempatnya di dekat jendela setelah selesai mekar.

Anggrek dan Kelembaban

Sebagian besar anggrek adalah tanaman tropis, tetapi bukan berarti mereka membutuhkan kelembapan hutan hujan untuk tumbuh di rumah Anda. Namun, suasana kering di rumah ber-AC dapat menjadi tantangan, itulah sebabnya kabut setiap hari, atau meletakkan anggrek di atas hamparan kerikil yang lembab dapat membantu menciptakan kelembapan yang mereka dambakan. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kerikil, pastikan saja potnya berada di atas bebatuan, bukan di dalamnya. Jika tidak, kelembapan bisa meresap ke dalam pot dan lama-kelamaan menenggelamkan akarnya.

Anggrek mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda dibandingkan dengan kebanyakan tanaman Anda, tetapi jika Anda dapat menguasai dasar-dasar perawatannya, mereka juga dapat menjadi tanaman hias yang mudah dirawat. Karena unik, Anda juga dapat menampilkannya dengan cara yang menyenangkan, seperti membuat pekebun gantung untuk memamerkan mekarnya yang menarik. Jika Anda belum pernah mencoba menanam anggrek sebelumnya, pilihlah sesuatu yang sederhana, seperti anggrek ngengat, sebelum mengembangkan varietas yang lebih bagus.

https://www.aider17.com/orchid-planting-what-you-should-know/

https://www.glassthemovie.com/how-to-take-care-of-orchid-plants/

https://www.samipress.net/orchids-plant-information-any-buyer-must-know-about/

https://www.rubi-ltd.com/types-of-orchids-it-is-about-orchid-plants-not-the-flowers/

https://www.mywisegranny.com/things-you-must-know-about-orchid-plant-care/

Belum ada Komentar untuk " Cara Menumbuhkan Anggrek Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel