10 Cara Merawat Bunga Anggrek

Merawat Dan Menanam Anggrek - Jika Anda baru mengenal dunia anggrek, jangan takut pada mereka. Banyak anggrek yang mudah tumbuh jika Anda meluangkan waktu untuk mempelajari apa yang mereka butuhkan. Mereka tidak seperti tanaman pot tradisional. Mereka adalah epifit yang artinya tidak tumbuh di tanah melainkan dengan cara bergelantungan di kulit pohon. Ada beberapa anggrek, terutama sandal wanita, yang semi-terestrial dan tumbuh di tanah liat di lantai hutan.

Kami sering ditanya, "bagaimana cara menanam anggrek"? Sebenarnya, perawatan anggrek tidaklah sulit; hanya saja berbeda. Anggrek memiliki reputasi sebagai tanaman yang sulit tumbuh padahal banyak varietas merupakan tanaman rumah yang sangat baik. Dengan perawatan yang tepat, anggrek dapat mekar selama berbulan-bulan setiap tahun dan dapat hidup tanpa batas. Dalam hal ini anggrek adalah nilai yang sangat baik sejauh tanaman mekar. Koleksi anggrek yang dirawat dengan baik dan beragam dapat memberikan mekar terus menerus setiap hari sepanjang tahun. Perawatan anggrek yang baik hanya membutuhkan beberapa pengetahuan dasar tentang anggrek dan cara mereka tumbuh.

Cara Merawat Bunga Anggrek


Berikut adalah persyaratan utama perawatan anggrek yang tepat

Kebanyakan anggrek membutuhkan air seminggu sekali. Hindari penyiraman berlebihan karena dapat menyebabkan busuk akar.

Posisikan anggrek Anda di ambang jendela terang menghadap ke timur atau barat.

Pemberian makan mingguan dengan pupuk yang dirancang untuk anggrek.

Repotting dalam campuran anggrek segar saat anggrek Anda berhenti mekar.

Anggrek memiliki kebutuhan perawatan yang beragam

Keluarga anggrek memiliki lebih dari 880 jenis berbeda (disebut genera) dan lebih dari 22.000 spesies. Jumlah ini tumbuh setiap tahun menjadikan anggrek sebagai keluarga tanaman berbunga terbesar dan paling beragam. Kebanyakan anggrek merupakan tumbuhan tropis yang hidup sebagai epifit atau “tumbuhan udara” yang digantungkan pada pohon sebagai penyangga. Beberapa anggrek adalah litofit atau "tumbuhan batu" yang tumbuh di atas atau di antara bebatuan. Anggrek yang tersisa adalah terestrial yang tumbuh di sisa-sisa lempung di lantai hutan. Dengan famili tumbuhan yang beragam ini, memberikan pedoman umum tentang perawatan anggrek merupakan hal yang menantang. Namun, hanya ada beberapa lusin spesies yang diproduksi secara luas dan bahkan lebih sedikit lagi yang tersedia di pembibitan lokal. Halaman Identifikasi Anggrek kami memberikan pengenalan dasar tentang banyak jenis anggrek yang populer. Tanaman yang dijual di pembibitan, toko bunga, toko rantai perangkat keras, dan toko bahan makanan kemungkinan besar merupakan tanaman hibrida. Hibrida ini telah diciptakan dengan menyilangkan spesies yang berbeda, dan terkadang genera yang berbeda untuk berkembang biak dengan karakteristik yang diinginkan seperti warna, wangi, ukuran bunga dan kemudahan perawatan dan berkembang biak dari banyak aspek perawatan yang menantang dari spesies anggrek murni. Anggrek hibrida saat ini adalah tanaman rumahan yang sangat bermanfaat untuk tumbuh dan relatif mudah dirawat jika Anda meluangkan sedikit waktu untuk memahami kebutuhan dasarnya.

Lingkungan pertumbuhan anggrek yang berkaitan dengan perawatan anggrek

Bayangkan berdiri di hutan dan memandangi anggrek yang menempel di pohon. Akarnya telah mencengkeram kulit pohon dan menggunakan pohon itu sebagai penyangga. Anggrek tidak mendapat nutrisi dari pohonnya sendiri, ia bukan parasit, ia hanya mendapat dukungan dan sedikit makanan dari bahan organik yang membusuk di lekukan dahan atau dari kotoran hewan yang menyapu pohon di tengah hujan. Di hutan lembab dan akar anggrek ini telah beradaptasi untuk menyerap air dari udara lembab, oleh karena itu disebut "epifit". Banyak anggrek harus menghadapi saat air melimpah dan saat kering sehingga mereka memiliki batang tebal yang disebut "pseudobulbs" yang memungkinkan mereka menyimpan dan menahan air untuk musim kemarau yang akan datang. Bayangkan sekarang, tanaman yang sama ini di dalam pot di lingkungan rumah yang khas. Betapa anehnya hal ini bagi tanaman dan betapa berbedanya dengan kondisi tempat anggrek beradaptasi. Memahami kondisi alam tempat anggrek tumbuh sangat penting untuk memahami kebutuhan anggrek untuk perawatannya. Paket Pemula Anggrek kami menawarkan hal-hal penting untuk menumbuhkan anggrek yang sehat dan bahagia.

10 Pertanyaan Perawatan Anggrek Teratas

Hal mendasar untuk perawatan anggrek yang sukses adalah memahami persyaratan anggrek untuk dukungan, cahaya, makanan, kelembaban, air, pergerakan udara, dan suhu.

Apa campuran anggrek terbaik?

Campuran anggrek terbaik mengandung media khusus yang meningkatkan drainase yang sehat dan aliran udara yang baik. Penting untuk diperhatikan bahwa anggrek tidak tumbuh di tanah, justru akan membekap akarnya dan mematikan tanaman. Anggrek membutuhkan media khusus untuk tumbuh. Media terbaik untuk anggrek adalah media yang paling cocok dengan jenis anggrek dan kondisi tempat tumbuhnya. Kondisi teras berjemur di Florida berbeda dengan rumah berpemanas di Ohio, namun anggrek, dengan perawatan yang tepat, dapat tumbuh subur di keduanya. Seringkali beberapa media dicampur menjadi satu dalam campuran anggrek dengan masing-masing bahan membawa karakteristik unik yang diinginkan ke dalam campuran tersebut. Tujuannya sama, menggunakan campuran yang terbuka dan lapang serta memberikan jumlah kelembapan yang sesuai bagi anggrek untuk kebutuhannya.

Baik Anda memilih salah satu Campuran Anggrek Klasik, Campuran Anggrek Imperial, atau membuat Select-A-Blend kustom Anda sendiri, kami berharap Anda akan melihat keragaman media anggrek dan ide campuran anggrek tersedia di sini. Lihat juga ilustrasi kami tentang Ukuran Akar Anggrek dan kaitannya dengan pemilihan campuran anggrek. Untuk lebih memahami kemampuan retensi air setiap media anggrek, silakan lihat bagan Berat Media kami.

Jenis anggrek pot apa yang sebaiknya saya gunakan?

Anggrek tidak tumbuh dalam pot di alam liar. Kami menaruhnya di pot untuk kenyamanan kami. Akibatnya, kita harus memahami betapa anehnya hal ini bagi tanaman, akarnya suka bernapas dan bebas. Akar anggrek boleh tumbuh di luar pot. Sayangnya, rumah kita tidak cukup lembab untuk mendukung epifit dengan baik. Jadi, pot membantu menahan kelembapan di sekitar akar. Rahasia menanam anggrek yang sehat adalah dengan menumbuhkan akar yang sehat. Tanaman pot biasa dinilai dari pertumbuhan daunnya. Bagi anggrek, pertumbuhan akar merupakan indikator terbaik bagi kesehatan tanaman. Untuk anggrek yang ditanam dalam pot harus ekstra hati-hati agar tidak membusuk atau membekap akarnya.

Karena memperoleh keseimbangan kelembapan yang baik sangat penting untuk perawatan anggrek yang optimal, banyak petani anggrek memilih pot anggrek yang bening sehingga lebih mudah untuk melihat kapan akarnya tumbuh subur dan kapan tidak. Diyakini bahwa akar anggrek terlibat dalam fotosintesis, yang masuk akal mengingat bahwa mereka tumbuh terkena cahaya belang-belang saat anggrek bergelantungan di pohon, dan pot bening memungkinkan fotosintesis oleh akar anggrek. Panci putih juga memungkinkan sedikit cahaya melewatinya.

Pot anggrek Anda di pot terkecil yang akan ditampung oleh akarnya dan pancang tanaman saat ia tumbuh sendiri. Anggrek yang kami lihat tumbuh paling baik sering kali tumbuh dalam pot yang tampak sangat kecil, jadi tahan keinginan untuk 'menanam' lebih dari yang diperlukan untuk menahan akarnya. Pot plastik bening memudahkan untuk melihat akar dan mengetahui kapan harus menyiram. Campuran pot menjadi gelap saat basah dan secara bertahap menjadi cerah saat mengering. Pot plastik putih juga memungkinkan untuk beberapa fotosintesis sekaligus menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dipajang juga. Tidak seperti tanah liat, pot plastik mudah dibersihkan, didisinfeksi, dan digunakan kembali. Pot plastik bening adalah cara yang bagus untuk mengawasi apa yang terjadi di dalam pot tanpa harus mengganggu tanaman. Pot Keramik Eksotis meningkatkan keindahan anggrek apa pun dan sangat bagus untuk memajang tanaman yang sedang mekar.

Jenis pupuk anggrek apa yang sebaiknya saya gunakan?

Anggrek membutuhkan pupuk khusus yang dirancang agar anggrek dapat tumbuh dengan sangat baik. Bahan umum dalam banyak formula pupuk siap pakai adalah Urea yang tidak terserap dengan baik oleh anggrek. Akibatnya, yang terbaik adalah mendapatkan pupuk yang dibuat untuk perawatan anggrek. Standar emas untuk pupuk anggrek didasarkan pada formula yang dibuat sebagai hasil studi di Michigan State University (MSU). Kami memberi saya makan! Pupuk Anggrek adalah pupuk MSU asli dari orang yang sama yang menyuplai pupuk untuk studi awal. Anggrek tidak membutuhkan banyak pupuk; jumlah yang diencerkan secara teratur optimal untuk perawatan anggrek. Kebanyakan petani anggrek merekomendasikan pemupukan "lemah, setiap minggu".

Saat menyiram, siram tanaman dengan air bebas. Banyak orang membawa anggrek ke bak cuci untuk membanjiri mereka dengan air secara berkala. Pepatah favorit kami adalah "sekali di sekitar bangku membuat mereka lembab, dua kali di sekitar bangku membuatnya basah, tiga kali di sekitar bangku mendapatkan oksigen ke akarnya". Ini adalah oksigen ke akar yang dibutuhkan anggrek dan mereka akan mendapatkannya dari kombinasi campuran terbuka yang baik dan kebiasaan penyiraman yang tepat. Untuk informasi tentang pemupukan, silakan lihat FAQ pemupukan kami.

Bagaimana kelembaban dan pergerakan udara mempengaruhi anggrek?

Anggrek tidak menyukai 'kaki basah' tetapi sangat menyukai kelembapan. Akibatnya, bila ditanam di dalam rumah, anggrek sering diletakkan di atas nampan kelembapan. Baki ini memungkinkan air terkumpul di pangkalan sementara tanaman digantung di atas air. Baki komersial tersedia atau nampan dapat dibuat dari loyang kue yang diisi dengan batu atau piring panci terbalik, apa pun yang memungkinkan pot anggrek berada di atas genangan air. Dengan cara ini anggrek mendapat manfaat dari penguapan air. Anggrek juga suka berkumpul berdekatan karena ini juga membantu meningkatkan kelembapan di antara tanaman. Ini selalu merupakan tindakan penyeimbangan karena anggrek juga menyukai gerakan udara tetapi gerakan udara kering yang konstan akan mengeringkan tanaman. Kelembaban yang terlalu banyak dan pergerakan udara yang terlalu sedikit dapat menyebabkan tanaman menjadi rentan terhadap pembusukan. Mencapai keseimbangan kelembapan dan pergerakan udara yang baik adalah salah satu tujuan perawatan anggrek yang sukses.

Apa persyaratan cahaya anggrek?

Anggrek memiliki kebutuhan cahaya yang sangat bervariasi dan memahami jumlah cahaya yang sesuai untuk jenis anggrek sangat penting untuk perawatannya. Bahkan anggrek 'cahaya tinggi' tidak membutuhkan jenis sinar matahari langsung yang terang seperti tanaman tomat dan bahkan anggrek 'cahaya rendah' ​​tidak akan bahagia tanpa batas di tengah ruangan yang jauh dari sumber cahaya manapun. Bahkan jendela Utara bisa menjadi terlalu sedikit cahaya untuk anggrek cahaya rendah untuk mekar dengan andal, tetapi jendela Selatan mungkin membutuhkan naungan. Faktanya, seringkali cahaya yang tidak memadai menghambat perkembangan anggrek. Beberapa anggrek, terutama yang menyukai tingkat cahaya tinggi, menikmati musim panas di luar dalam naungan belang-belang dan bagi banyak anggrek cahaya tinggi, cara termudah adalah memberikan cukup cahaya untuk mekar. Jika anggrek cahaya tinggi tetap berada di dalam ruangan, banyak anggrek yang tidak akan mekar dengan andal tanpa semacam cahaya tambahan kecuali mereka berada di ruang berjemur atau rumah kaca yang sangat terang. Untungnya, lampu fluorescent dengan umbi spektrum luas bekerja cukup baik dengan anggrek, seperti halnya lampu High Intensity Discharge (HID). Selain itu, di alam anggrek mendapat petunjuk cahaya alami. Hari-hari semakin lama dan kemudian semakin pendek. Di rumah kita, kita memiliki lampu yang menyala di malam hari dan cenderung menjaga jadwal rutin sepanjang tahun dan ini dapat mengganggu jam alami anggrek.

Berapa suhu yang dibutuhkan anggrek?

Suhu yang dibutuhkan anggrek bergantung pada jenis anggrek yang Anda miliki. Anggrek Phalaenopsis, misalnya, menikmati suhu siang hari di mana saja di pertengahan tahun tujuh puluhan hingga pertengahan delapan puluhan. Sebaliknya, dendrobium menyukai suhunya sekitar 10 derajat lebih dingin. Beberapa anggrek menggunakan udara dingin di musim gugur atau perbedaan antara suhu di malam hari dan suhu di siang hari sebagai isyarat untuk memberi tahu mereka bahwa musim sedang berubah dan inilah saatnya bersiap untuk mekar. Sekali lagi, fakta bahwa banyak orang lebih menyukai suhu yang cukup konsisten di rumah mereka bertentangan dengan lingkungan alami anggrek. Bukan berarti semuanya hilang, ini hanya untuk menegaskan bahwa mengetahui kebutuhan jenis anggrek yang Anda coba rawat akan memungkinkan Anda membuat penyesuaian kecil untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan dihargai dengan bunga anggrek yang indah. Beberapa anggrek tumbuh secara alami dengan hangat sementara yang lain tumbuh sedang atau sejuk tetapi sebagian besar akan baik-baik saja dalam kondisi menengah di mana tidak terik panas atau mendekati dingin. Mengetahui preferensi suhu anggrek dalam koleksi Anda adalah hal yang baik. Seringkali ada beberapa variasi, misalnya, anggrek yang tumbuh lebih sejuk dapat diletakkan lebih dekat ke jendela yang sejuk atau di tempat yang lebih sejuk di rumah.

Bagaimana cara menyiram anggrek?

Kunci penyiraman anggrek bukanlah menyiram secara berlebihan. Tidak juga! Penyiraman anggrek yang tepat mungkin merupakan aspek perawatan anggrek yang paling sulit untuk dilakukan dengan benar. Jumlah air yang sesuai untuk anggrek bervariasi menurut jenis anggrek, jenis campurannya, dan lingkungan tempat anggrek tersebut tumbuh. Ini sama sulitnya bagi pemula dengan menggunakan resep yang menyarankan bahwa hidangan harus "dipanggang sampai matang", apa artinya? Anggrek menginginkan jumlah air yang 'tepat', tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Jumlah yang tepat juga bervariasi sesuai musim; anggrek mengering lebih cepat saat panas dibandingkan saat dingin. Kuncinya adalah memvariasikan frekuensi penyiraman anggrek, jenis pot, jenis campuran, seberapa rapat campuran tersebut dikemas dan jumlah sirkulasi udara hingga tercapai keseimbangan yang tepat untuk setiap anggrek. Ini membutuhkan waktu dan kesabaran tetapi terbayar dengan peningkatan kesehatan dan kekuatan anggrek yang diterjemahkan menjadi mekar yang meningkat. Satu hal yang harus dihindari adalah membatasi jumlah air yang diberikan anggrek selama penyiraman. Secara umum, keberhasilan terbesar akan tercapai jika anggrek disiram secara banyak, membiarkan air mengalir dari dasar pot, sampai tanaman dan media benar-benar jenuh. Dari sudut pandang praktis ini biasanya berarti membawa anggrek ke bak cuci dan mengalirkan air secara bebas melalui campuran tersebut. Dalam beberapa kasus, anggrek dapat disiram pada nampan kelembapannya. Setelah anggrek disiram, ia harus kembali ke tempat tumbuhnya sampai penyiraman berikutnya yang mungkin dilakukan dari beberapa hari hingga seminggu atau lebih kemudian. Menetapkan rutinitas bisa membantu, misalnya menyiram pada akhir pekan dan mengecek tanaman pada pertengahan minggu. Jika ragu, tunggu, terlalu sedikit lebih baik daripada terlalu banyak.

Campuran anggrek apa pun bisa terlalu banyak disiram dan menyebabkan kematian tanaman. Kebanyakan anggrek suka menjadi hampir kering dan kemudian dibanjiri air dan dibiarkan menjadi hampir kering lagi. Dengan sphagnum mudah untuk mengetahui saat sudah kering, lumut terasa renyah saat Anda menyentuhnya. Itulah sebabnya banyak petani akan merekomendasikannya kepada orang-orang yang baru memulai dengan anggrek, terutama Phalaenopsis. Campuran cemara / kelapa sulit untuk membedakan kapan harus disiram karena mereka menahan lebih banyak air di tengah daripada yang sering kita pikirkan. Dengan menempelkan pensil atau sumpit ke dalam adonan dan membiarkannya di sana, Anda dapat menariknya keluar dan melihat apakah bagian dalam adonan basah.

Bagaimana cara merepoting anggrek?

Repotting anggrek bisa terlihat menakutkan, pada kenyataannya sangat mudah dilakukan! Halaman Repotting Anggrek kami menyediakan informasi dasar merepoting dalam format FAQ dan perjalanan bergambar kami melalui menggambarkan bagaimana merepoting anggrek. Penemu Anggrek memberikan gambar anggrek yang tidak mekar untuk membantu mengidentifikasi mereka. Untuk membantu dan memilih campuran yang direkomendasikan untuk anggrek, lihat halaman Menemukan Campuran Anggrek yang Tepat. Kalender Perawatan Anggrek, Waktu Repoting Anggrek, dan grafik Anggrek Bloom kami menjelaskan apa yang harus dicari dan kapan. Halaman Pola Pertumbuhan Anggrek kami menggambarkan perbedaan antara anggrek simpodial dan monopodial.

Bagaimana Anda merawat anggrek yang sakit?

Seringkali tanda pertama dari masalah dengan kultur anggrek adalah invasi serangga atau bakteri. Cabut tanaman yang terinfeksi dan pindahkan dari tanaman lain SEGERA !! Jauhkan sampai perawatan selesai. Pertahanan terbaik untuk infeksi jamur / bakteri adalah pelanggaran yang baik. Kami menyemprot dedaunan setiap bulan dengan Physan (1 sendok teh / galon) sebagai pencegahan. Ambil sebotol kayu manis ekstra di bagian bumbu di toko bahan makanan terdekat dan simpan di dekat anggrek. Jika Anda memotong tanaman, taburi sedikit dengan kayu manis karena merupakan bakterisida / fungisida yang efektif dan aman digunakan. Semprotkan dengan Physan yang dicampur dengan 1 sendok makan / galon jika terjadi infeksi. Untuk bug, kita mulai dengan GET OFF ME! infus kayu manis dan tingkatkan alkohol gosok 50/50 dan GET OFF ME! campuran. Kami ingin memasukkan batang kayu manis ke dalam penyemprot untuk meningkatkan kemanjuran larutan dari waktu ke waktu.

Dalam beberapa kasus, masalah dapat 'bersembunyi' dan berpindah dari daun ke media dan ke akar. Jika Anda memiliki tanaman yang sepertinya tidak pulih, mungkin karena masalah bersembunyi di bawah permukaan. Dalam kasus ini, repotting adalah ide yang bagus dan mungkin satu-satunya cara untuk memberantas masalah untuk selamanya. Kadang-kadang anggrek akan menyerang apa yang tampak seperti lalat buah kecil yang disebut agas jamur. Ini lebih dari sekadar gangguan karena mereka memakan akar anggrek yang lembut. Pengendalian Agas Jamur Alami hanyalah tiket untuk makhluk-makhluk ini.

Catatan: Jika Anda mencurigai adanya infeksi virus, periksakan tanaman atau hancurkan. Yang terpenting, biarkan tetap terisolasi sampai putusan diambil. Sayangnya, tidak ada cara untuk mengidentifikasi virus dari jamur atau kerusakan lain secara visual dan tidak ada cara untuk menyembuhkan virus begitu tanaman terinfeksi. Karenanya, jika Anda mendapatkan tanaman yang terkena virus, yang terbaik adalah memusnahkannya sebelum virus diteruskan ke koleksi lainnya.

Gunakan penemuan masalah untuk meninjau kultur tanaman. Anggrek yang sedang stres seringkali sangat rentan terhadap serangga dan penyakit, tidak seperti anggrek yang lebih kuat. Apakah pergerakan udara tidak mencukupi? Mungkin tanaman lain mendapatkan serangga yang sama? Apakah pabrik baru diperoleh dan tidak dikarantina cukup lama? Apakah beberapa tanaman dipotong dengan alat yang sama tanpa mensterilkannya di antaranya? Mungkinkah tanaman rumah terdekat menjadi surga bagi serangga? Apakah ada terlalu banyak atau terlalu sedikit cahaya?

Silakan lihat halaman kami di Orchid Sunburn untuk melihat contoh daun anggrek yang terkena terlalu banyak cahaya.

Seberapa Sering Anggrek Mekar?

Untuk mempelajari tentang kebiasaan mekar Phalaenopsis, silakan lihat halaman Perawatan Anggrek Phalaenopsis kami. Demikian pula, untuk diskusi tentang kebiasaan mekar Cattleya, lihat halaman Perawatan Anggrek Cattleya kami. Untuk melihat jalan-jalan bergambar melalui paku-paku yang bermekaran, silakan lihat halaman ilustrasi kami Peragaan Taruhan Anggrek.

Belum ada Komentar untuk " 10 Cara Merawat Bunga Anggrek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel